Prodi Pendidikan Profesi Ners FKK UNIMERZ Jalani Asessment Lapangan Daring oleh LAM-PTKES


Keberlangsungan fenomena pademi Covid-19 memberikan dampak dihampir semua sektor kehidupan. Hal tersebut memaksakan kondisi untuk beradaptasi dengan ragam kebiasaan baru yang dikenal dengan istilah New Normal.

Begitupun Proses pendidikan yang hingga saat ini masih dominan berposes melalui pembelajaran dalam jaringan (Daring). Bahkan proses akreditasi pun harus dilakukan secara virtual (Zoom), seperti yang dilakukan Universitas Megarezky (Unimerz).

Unimerz menjalani proses Asesment Daring lapangan (ADL) yang berlangsung sejak tanggal 14 September hingga 17 September 2021 yang dipusatkan di ruang Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Megarezky (Unimerz) Jalan Antang Raya No. 43 Makassar.

Dekan FKK Unimerz, Dr Syamsuriyati, SST, SKM, M.Kes mengatakan, proses reakreditasi tersebut di lakukan pada prodi pendidikan Ners yang berada di bawah naungan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Megarezky (Unimerz), Sabtu (18/09/2021).

Rektor Universitas Megarezky, Prof. Dr. dr. Ali Aspar Mappahya, Sp.PD., Sp.JP (K) yang membuka acara tersebut, dalam sambutannya berharap assessment lapangan ini berjalan dengan baik dan lancar serta mengahasilkan nilai akreditasi yang terbaik.

Selain itu, ia berharap semua program studi di lingkup Unimerz terus berbenah dan memperbaiki sistem, utamanya kurikulum sesuai kebutuhan masa depan.

Ali menuturkan, tiap prodi harus mengembangkan kurikulum, tidak monoton dan harus ada gebrakan agar visi misi yang telah dibangun dapat terealisasi.

Sementara itu, Ketua Prodi Profesi Ners, Syaiful, S. Kep. Ns. M.Kep mengemukakan pengembangan kurikulum prodi profesi Ners akan mengacu pada kurikulum terbaru dari Asosiasi Institusi pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) tahun 2021 yang saat ini sementara menunggu lokakarya, dan berharap proses reakreditasi ini akan mendapatkan hasil terbaik.

“Program Studi Ners memiliki keunggulan keperawatan komunitas (home care) berbasis teknologi, yang ditunjang dengan kesediaan standar peralatan praktikum modern, lahan praktek yang memadai dan pengembangan metode pengajaran serta melakukan penelitian ilmiah,” Ungkap Syaiful.

Selain assessment dokumen, juga dilakukan wawancara virtual dengan pimpinan stakeholder serta kunjungan virtual (live streaming) di beberapa titik instansi yang merupakan mitra tempat utama praktik mahasiswa seperti RSUP. Wahidin Sudirohusodo, RSKD Prov. Sulawesi Selatan, Puskesmas Bangkala, ETN CENTRE, Klinik Pratama Megarezky dan satu Desa Binaan yang terletak di Desa Moncongloe, Kab. Maros.

Ketua DPW PPNI Prov. SulSel Abdul Rakhmat, S.Kep. Ns. M.Kes mengharapkan akreditasi lancar dan hasilnya sesuai yang diharapkan.

Dia berpesan, agar masing-maisng mempertahankan integritas dan komitmen dalam mengelola proses pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keperawatan (FKK) Unimerz, Dr. Syamsuriyati, S.ST., SKM., M.Kes. Mengucapkan terima kasih kepada semua civitas akademika beserta mitra yang telibat dalam Visitasi Asessment Lapangan Asessor LAM-PTKES ini.

“Semoga hasilnya bisa maksimal sehingga Fakultas Keperawatan terus Berbenah diri untuk pengelolaan fakultas yang lebih baik lagi dalam perannya melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTkes) berjumlah tiga orang yang berasal dari institusi yang berbeda. Di antaranya, Setiawan, S.Kp, MNS, PhD (Universitas Sumatera Utara), Dr. Windu Santoso, S.Kp, M.Kep (STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto) dan Ners. Sugiharto, MAN., Ph.D (Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan).

Program Studi tersebut membangun Visi yakni “menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan unggul dibidang keperawatan komunitas (home care) berbasis teknologi di tingkat nasional pada tahun 2034”.

Prodi pendidikan Profesi Ners sebelumnya telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan dengan SK No. 0696/LAM-PTKes/Akr/ProVII/2016 dengan peringat akreditasi B.

Saat ini, Prodi Profesi Ners paling banyak diminati dimasyarakat sehingga perlu assessment secara continue agar tetap terjamin kualitasnya. Sementara, Prodi Pendidikan Profesi Ners FKK Unimerz merupakan salah satu kampus yang lulusannya memberikan banyak kontribusi di fasilitas kesehatan di dalam dan luar negeri.